image

Tertulis di atas pintu masuk kuil Yunani kuno Apollo Delphi , situs dari Oracle suci , adalah kata-kata ” Gnothi Seauton ” , yang diterjemahkan ‘Kenali Dirimu’. Pada jaman Yunani Kuno, banyak dari pemikir terbesar dan filsuf sebelum dan sesudah waktu itu mengajarkan pelajaran ini : Tidak ada pengetahuan yang lebih besar daripada hal ini.

Namun entah karena sifat manusia atau karena hal lainnya, kita lebih terbiasa atau barangkali dididik untuk lebih mengutamakan¬† pengetahuan terhadap objek-objek di luar diri kita sendiri -‘worldly things’ – preferensi seperti ini patut disayangkan. Dalam menahkodai hidup, kita harus mengenali diri sebagai hal yang terpenting.

Bagian penting dari pegenalan diri ini diantaranya kemampuan ataupun kesadaran untuk membedakan antara pengetahuan yang bermanfaat dan pengetahuan yang berpotensi membahayakan . Apa yang kita ketahui dan bagaimana kita tahu itu ? Lebih penting lagi , apa yang tidak kita ketahui.

Anthony De Mello, seorang psikoterapis besar abad 20, berkata,”We think we know, that is our tragedy so we never discover”. Socrates pun sudah mengajarkan kebijaksanaan akan bahaya terhadap kegagalan untuk mengenal diri kita sendiri. Jauh sebelum Socrates, Lau Tse seorang Taois mengajarkan dalam kitabnya Tao Te Ching: “One who knows does not speak; one who speaks does not know.”

Kebijaksanaan kuno dan klasik inilah juga yang sudah mendarahdaging dilupakan atau banyak kali diabaikan dalam upaya kita memprediksi sesuatu pada masa yang akan datang, kita memprediksi hanya berdasarkan apa yang kita pikir tahu, atau istilah dalam ekonomi atau financial engineering nya ada dalam kondisi ‘Information Asymmetry’.

Bagaimana oun juga Pengetahuan yang kita miliki merupakan sebuah alat yang sangat luar biasa yang dapat kita pakai dalam menavigasi dunia eksternal kita. Namun terlebih oenting lagi dalam menahkodai kehiduoan kita adalah adanya kesadaran untuk selalu diawali dengan masih banyak hal yang belum kita ketahui tentang diri kita sendiri.

The tragedy of knowledge is thinking that we know….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s