image

Sepulang kantor sore ini, saya mampir dulu ke sebuah resto yang menjual pempek yang menjadi kesukaan istri saya. Ketika saya hendak beranjak pulang dari sana setelah pesanan istri selesai dibuat saya melihat tukang parkir dalam seragam oranyenya dengan gesit menghampiri kendaraan2 yang hendak berangkat. Di tengah sore dengan hujan rintik-rintik ini  dia dengan semangat memberi aba- aba ke setiap kendaraan padahal dia tidak memakai jaket hujan selain seragam oranyenya yang membalut baju terusannya…..
Ya, betul…baju terusan….dia seorang ibu paruh baya yang agak gempal. Namun semua kondisi dan situasi yang kurang bersahabat itu tidak sedikit pun tercermin dari wajahnya yang ramah kepada setiap pelanggan yang akan beranjak. Termasuk kepada saya. Bahkan ketika saya sudah membayar parkir, saya minta kepada beliau untuk kembali saja ke posnya karena masih hujan. Entah karena kebiasaan atau memang dia ingin memuaskan pelanggannya dia tetap menunggu di bawah hujan sampai saya siap berangkat ….tetap dengan wajah penuh semangat….dia baru kembali ke posnya setelah saya benar-benar mulai berjalan dengan kendaraan saya.
Siang hari ini, di tengah jam istirahat kantor, saya membaca posting telegram seorang kolega saya yang berkecimpung di bidang investment trainer juga penulis buku investasi yang sangat populer. Isi postingnya bercerita bahwa di tengah liburannya sekalipun dia mendapat penghasilan melalui dividen dari portofolio saham dimana dia berinvestasi.
Dua fakta hidup dari dua orang di atas jelas memiliki suatu kondisi dan situasi yang sangat berbeda.
Namun dari dua orang ini ada kesamaan yang saya lihat, yakni mereka sama-sama puas dengan apa yang mereka alami dalam hidup mereka.
Kondisi dan situasi yang berbeda tidak membuat mereka terlihat tidak bisa mengalami apa yang saya bilang sebagai oelangi hidup.
Kita sama-sama tahu pelangi itu indah dipandang.
Dan pemandangan indah ini hadir pada masing-masing jiwa kita…..itulah pelangi jiwa….di tengah hujan kita tetap bisa berdansa….di tengah cerahnya hari kita bisa berjemur dengan santai….

Leave a Reply

