Null And The Emptyness



Angka nol menghantam USS Yorktown seperti sebuah torpedo.

Pada tanggal 21 September 1997, ketika sedang menyusuri lepas pantai Virginia, kapal peluncur misil berharga jutaan dolar Amerika itu tiba-tiba macet. Yorktown seakan mati.

Semua kapal Perang dirancang mampu bertahan dari seranngan torpedo mapun ledakan ranjau. Namun meski Yorktown dipersenjatai agar mampu menangkal senjata lawan, tak pernah terlintas sedikit pun untuk mempertahankan Yorktown dari serangan angka nol. Sungguh sebuah kesalahan fatal.

Saat itu, sistem komputasi Yorktown baru saja mengoperasikan software beru pengatur kerja mesin. Sayangnya, tak seorang pun menyadari ada bom waktu tersembunyi di balik kode; angka nol yang seharusnya dihilangkan saat menginstall software tersebut. Mungkin karena satu atau lain hal, angka nol terlewatkan dan tetap tersembunyi hingga akhirnya software tersebut mengaktifkan dan menguncinya.

Ketika sistem komputer Yorktown berusaha menghilangkannya, sontak mesin berkekuatan 80.000 horse power tak berfungsi. Meski akhirnya Yorktown bisa kembali ke pelabuhan, diperlukan hampir tiga jam untuk menghidupkan kendali mesin darurat. Akibat kejadian ini para teknisi membutuhkan waktu dua hari untuk menghapus angka nol, memperbaiki kerusakan mesin, dan mengembalikan Yorktown pada posisi siap tempur.

Tidak pernah ada bilangan mampu membuat kerusakan semacam itu.Kegagalan sistem komputasi seperti yang meninmpa Yorktown hanya sebuah gambaran ringan tentang kekuatan angka nol. Sejak lama, berbagai kebudayaan telah menyiapkan diri menghadapi angka ini, konsep-konsep filsafat pun bertekuk lutut tak berdaya. Sifat dan karakteristik angka nol sangat berbeda dengan angka lainnya. Angka nol sulit diungkapkan. Inilah yang menyebabkan mengapa angka nol begitu ditakuti, dibenci bahkan dilarang.

Angka nol memiliki kekuatan dashyat karena sifat ketakberhinggaan gandanya (Infinity’s Twin). Keduanya sama-sama bersifat paradox dan sekaligus saling mengacaukan, Yin dan Yang. Tahukah kita?

(The Biography of A Dangerous Idea – By Charles Seife)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s