Delivery Point Of View

Terlalu sering , kita menghabiskan waktu untuk berusaha mempengaruhi orang supaya melihat sudut pandang yang lain, namun orang itu tidak dapat Anda bujuk. Jika lawan bicara Anda bertekad untuk tidak mengubah pemikirannya, sangat tidak mungkin hasil yang lain akan muncul.

Lalu bagaimana jika seseorang atau kita memiliki suatu ide atau pemikiran atau konsep yang telah terbukti sahih/ mujarab untuk lawan bicara Anda? Sangat lah tidak bijaksana jika kita tetap memaksakan ide kita itu pada lawan bicara Anda pada saat itu juga. Jika juga dipaksakan yang terjadi mungkin saja Anda membuat dia lebih menjauh dari jalan terbaik untuk dia. Ada baiknya kita memasukkan alternatif untuk mundur saat itu dan beralih ke topik lain yang akan membuat mood dia lebih baik . Bawalah ide itu lain kali pada saat mood dia terlihat baik untuk membicarakan hal itu secara tetrbuka dan jernih, mungkin saja dia malah berterima kasih pada Anda atas ide dan niat Anda dalam membantu dia melihat dari sudut pandang yang lebih baik. Janganlah kita terjebak dengan suatu keadaan berargumentasi dengan posisi menang kalah jika kita bermaksud memberikan suatu ide demi kepentingan dan kebaikan bersama.

“Strategi maju terus pantang mundur dalam berargumrntasi tidaklah selalu memberikan hasil positif bagi pihak-pihak yang terlibat, jika dipaksakan, yang terjadi adalah pemborosan emosi, pikiran dan kata-kata.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s